kumpulblogger

Selasa, 06 September 2011

Foto Penampakan Hantu Wanita di mobil saipul jamilBukan Rekayasa"

Foto Penampakan Hantu Wanita di mobil saipul jamil Bukan Rekayasa",
Tewasnya istri Saipul Jamil, Virginia Anggraeni dalam sebuah kecelakaan langsung menjadi perbincangan banyak orang di situs jejaring sosial dan grup Blackberry Messenger (BBM). Bahkan, foto jenazah yang diduga mayat Virginia tersebar di BBM.

Dalam foto yang tersebar, terlihat sesosok jenazah tergeletak di pinggir jalan dengan kondisi penuh darah. Mayat yang memakai baju muslim berwarna putih itu ditutup dengan sehelai kain di bagian wajahnya.

Selain foto jenazah Virginia, foto mobil yang dikendarai Saipul juga tersebar. Mobil Toyota Avanza merah marun bernopol B 1843 UFU itu terlihat dalam kondisi ringsek lantaran sempat terguling beberapa kali.

Seperti diketahui, Saipul Jamil mengalami kecelakaan di Tol Cipularang, Sabtu (3/9/2011) sekira pukul 10.00 WIB. Ipul diduga dalam kondisi mengantuk hingga membuat kendaraan menabrak pembatas jalan. Akibat kecelakaan itu, Virginia tewas di tempat, sedangkan Ipul dan korban lainnya yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit.

Usai beredarnya foto jenazah istri Saipul Jamil, Virginia Anggraeni di Twitter, muncul foto penampakan sosok perempuan berjilbab di dalam mobil yang ditumpangi Saipul dan almarhumah.

Foto yang beredar melalui BlackBerry Messenger (BBM) itu memperlihatkan kondisi mobil Toyota Avanza berwarna cokelat bernopol B 1843 UFU yang ringsek sisi pintu kanannya. Pada bagian tengah mobil di belakang jok depan, terlihat sosok yang jika gambar diperbesar sepintas tampak siluet wajah perempuan berjilbab.

Foto ini seperti hendak menambah suasana mistis yang melingkupi kecelakaan mobil tersebut. Pasalnya, Tol Cipularang terutama di KM97 kerap terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa. Banyak cerita yang beredar di kalangan masyarakat bahwa jalan tol yang membelah bukit itu agak angker.

Menanggapi foto tersebut, Samsul, manajer Saipul Jamil, hanya mengikhlaskan saja. Dia memasrahkan masyarakat berpendapat apa saja.

"Itu kan kayak perkembangan saja di masyarakat setelah fotonya beredar. Katanya ada penampakan apa gitu di mobilnya. Biarin sajalah kalau pada mau manjangin. Lagian itu kalau diterusin nanti jadinya malah kayak mistis ya, seram banget," ujar Samsul kepada okezone di Jakarta, Senin (5/9/2011).

Ditemui di Gedung MNC, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2011), Saipul Jamil juga enggan terlalu banyak mengomentari foto tersebut. Menurutnya, foto penampakan itu hanyalah ulah orang yang mencari kesempatan.

"Biarin, ikhlasin saja. Itu kan ada orang-orang yang mau manfaatin momen ini. Aku sih enggak mau ngurusin masalah itu, biarin saja. Masih banyak yang harus diurusin daripada ngurusin masalah kayak gitu," tegas Saipul


Ahli ilmu telematika, Roy Suryo ikut angkat bicara terkait penampakan hantu wanita dalam foto kecelakaan yang menimpa Saipul Jamil. Menurut Roy, foto penampakan hantu itu hanya persepsi akibat kecilnya resolusi gambar.

"Sebenarnya foto ini bukan rekayasa, tetapi hanya karena low resolution itu dan akibat banyak diforward maka dipersepsikan ada penampakan hantu," ujar Roy saat berbincang dengan okezone, Senin (5/9/2011)

Kesimpulan itu diambil Roy setelah mendapatkan foto asli yang memiliki resolusi lebih besar. Berbeda dengan foto yang beredar di masyarakat memiliki resolusi lebih kecil.

"Karena itu sebenarnya hanya bias obyek diantara headrest belakang dan kaca depan. Saya yakin ini hanya mirip penampakan, tetapi bisa berujung hoax jika dibiarkan. Silahkan bandingkan foto asli saya dan yang banyak beredar," paparnya.

Anggota DPR dari Partai Demokrat ini mengaku bingung dengan analisa pakar lain yang sudah berani mengambil kesimpulan hanya dari foto yang beredar di masyarakat. Foto itu, kata Roy, beresolusi kecil dan sulit untuk dianalisa.

"Ketika banyak sekali pertanyaan soal penampakan tersebut, secara teknis menyulitkan analisanya. Karena resolusi kecil tidak mendukung atau dengan kata lain mudah dipersepsikan beda-beda. Saya menganalisa setelah dapatkan source file aslinya. Terus terang geli juga tadi ada analisa lain yang hanya berdasar keyakinan semata," sindirnya

Foto penampakan wanita berjilbab di dalam mobil setelah kecelakaan yang menewaskan istri Saipul Jamil tersebar di internet. Menurut pakar telematika, Abimanyu 'Abah' Wachjoewidajat, foto tersebut bohong belaka alias hoax.

"Saya pastikan bahwa isu adanya penampakan pada foto mobil Saipul Jamil tersebut adalah hoax," papar Abah saat dihubungi okezone, Senin (5/9/2011).

Meski menyanggah adanya bentuk penampakan, Abah memastikan foto yang diduga terdapat penampakan merupakan foto asli. Bukan hasil rekayasa.

"Hasil pemeriksaan lebih lanjut tidak terbukti adanya rekayasa digital pada bagian tersebut. Pembentukan seperti kepala orang adalah murni karena sudut pengambilan gambar sehingga menjadi seperti kepala. Apabila ada pengakuan bahwa gambar direkayasa, maka pasti itu atas gambar yang dibuat sebagai hasil reproduksi dari sumber yang telah saya lihat," urainya.

Asumsi yang muncul di masyarakat tentang penampakan tersebut tak lain hanyalah pandangan sesaat yang menyerupai wanita. Namun jika diperhatikan lebih jelas, foto tersebut tidak menunjukkan penampakan gaib sama sekali.

"Memang sepintas seperti gambar kepala wanita. Bisa dianggap berkerudung ataupun wanita berambut panjang. Tetapi itu hanya kesan sepintas. Setelah ditelaah lebih dekat, maka semua dugaan tersebut gugur dan citra yang terbentuk sama sekali bukan unsur wajah," bebernya.

Adapun gambar yang disebut sebagai penampakan tersebut letaknya bukan di tengah, melainkan di jok depan dan gambar tersebut sebenarnya jendela penumpang depan, yang berhubungan dengan pengambilan dari sudut tersebut, maka yang terlihat adalah lekukan seperti kepala orang.

"Lalu gambar yang mirip rambut atau kerudung itu adalah windows deflector. Setelah menganalisa gambar yang ada, saya pastikan bahwa kendaraan tersebut menggunakan alat ini dan pada sisi tersebut windows deflectornya tidak hancur. Fungsi alat itu adalah agar bila kaca dibuka sedikit, maka angin tidak langsung masuk ke dalam melainkan akan tetap tertahan oleh Windows deflector," sebutnya.

Foto penampakan itu beredar melalui BlackBerry Messenger (BBM), memperlihatkan kondisi mobil Toyota Avanza berwarna cokelat bernopol B 1843 UFU ringsek sisi pintu kanannya. Pada bagian tengah mobil di belakang jok depan, terlihat sosok yang jika gambar diperbesar sepintas tampak siluet wajah perempuan berjilbab.

Foto ini seperti hendak menambah suasana mistis yang melingkupi kecelakaan mobil tersebut. Pasalnya, Tol Cipularang terutama di KM97 kerap terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa. Banyak cerita yang beredar di kalangan masyarakat bahwa jalan tol yang membelah bukit itu agak angker.
sumber ;okezone.com
baca halaman selanjutnya ; tips- cara membuat Chocho Tea Puding Orci ala mas bejo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar